Langsung ke konten utama

Hagoita


Hagoita
Hagoita (羽子板 ?) adalah raket kayu berbentuk persegi panjang di Jepang. Ada hagoita yang dapat dipakai orang untuk bermain hanetsuki, dan ada pula hagoita yang hanya untuk hiasan.
Raket ini dulunya hanya dipakai untuk bermain tepuk-tepukan kok tanpa jaring. Namun hagoita perlahan-lahan berubah makna menjadi jimat penangkal bahaya. Pada zaman Edo, hagoita berhias gambar-gambar aktor kabuki menjadi sangat populer dan sekarang dianggap sebagai benda seni bernilai tinggi di Tokyo.
Di Sensō-ji, Tokyo dari 17 Desember hingga 19 Desember setiap tahunnya diadakan Pasar Hagoita yang ramai didatangi pengunjung. Kota Kasukabe, Prefektur Saitama dan Kota Saitama Iwatsuki-ku merupakan pusat produksi hagoita dengan gambar timbul (oshi-e hagoita) yang di dalamnya diisi kapas.
Sejarah
Di Cina sekitar abad ke-14 dikenal permainan menyepak bulu unggas yang diberi pemberat uang logam. Permainan ini kemudian dikenal di Jepang pada zaman Muromachi, dan diperkirakan sebagai asal usul permainan hanetsuki. Kalangan bangsawan dan pelayan wanita istana dilaporkan senang bermain hanetsuki di istana dalam buku harian Kanmon Nikki yang mencatat kegiatan istana kaisar pada zaman Muromachi. Pemain yang kalah harus menghidangkan sake kepada pemain yang menang.
Sejak zaman Sengoku, hanetsuki mulai dipercaya sebagai jimat penolak bala. Selanjutnya pada zaman Edo tercipta tradisi menghadiahkan hagoita pada akhir tahun sebagai hadiah penolak sial. Tradisi menghadiahkan hagoita kepada anak perempuan sebagai hadiah tahun baru tetap bertahan di Jepang hingga kini.

Dari berbagai sumber

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

sumo

Sumo (相撲 sumō?) adalah olahraga saling dorong antara dua orang pesumo yang berbadan gemuk sampai salah seorang didorong keluar dari lingkaran atau terjatuh dengan bagian badan selain telapak kaki menyentuh tanah di bagian dalam lingkaran. Pesumo (rikishi) perlu berbadan besar dan gemuk karena semakin tambun seorang pegulat sumo semakin besar pula kemungkinannya untuk menang. Sumo adalah olahraga asli Jepang dan sudah dipertandingkan sejak berabad-abad yang lalu. Di beberapa negara tetangga Jepang seperti Mongolia dan Korea juga terdapat olahraga gulat tradisional yang mirip-mirip dengan sumo. Sumo memiliki berbagai upacara dan tradisi unik seperti menyebarkan garam sepanjang pertandingan untuk mengusir bala. Penentuan pemenang Pemenang pertandingan ditentukan berdasarkan dua peraturan sederhana: 1. Pegulat yang lebih dulu menyentuh tanah dengan bagian badan selain telapak kaki adalah pegulat yang kalah. 2. Pegulat yang lebih dulu menginjak tanah di luar lingkaran adalah pegulat yang k

Hinamatsuri

Hinamatsuri (雛祭り, ひなまつり ?) atau Hina Matsuri adalah perayaan setiap tanggal 3 Maret di Jepang yang diadakan untuk mendoakan pertumbuhan anak perempuan. Keluarga yang memiliki anak perempuan memajang satu set boneka yang disebut hinaningyō (雛人形 ?, boneka festival). Satu set boneka terdiri dari boneka kaisar, permaisuri, puteri istana (dayang-dayang), dan pemusik istana yang menggambarkan upacara perkawinan tradisional di Jepang. Pakaian yang dikenakan boneka adalah kimono gaya zaman Heian. Perayaan ini sering disebut Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan karena berawal permainan boneka di kalangan putri bangsawan yang disebut hiina asobi (bermain boneka puteri). Walaupun disebut matsuri, perayaan ini lebih merupakan acara keluarga di rumah, dan hanya dirayakan keluarga yang memiliki anak perempuan. Sebelum hari perayaan tiba, anak-anak membantu orang tua mengeluarkan boneka dari kotak penyimpanan untuk dipajang. Sehari sesudah Hinamatsuri, boneka harus segera disimpan karena dipe

Terima pengetikan online.

saya mey berasal dari semarang, bagi yang punya tugas kantor, tugas kuliah, tugas sekolah dan males ketik ketik bisa hubungi saya di 087832941238. biaya hemat 100 karakter cuma 1.000, dokumen bisa di scan dan dikirimkan ke email saya di meykeandriani.1b@rocketmail.com. pembayaran dp 70% sebelum pengiriman pekerjaan yang sudah jadi dan pelunasan setelah saya kirim pekerjaan yang sudah jadi. sekian dan makasih ^^